Review Novel Lumpu - Tere Liye (Akhir dari Pemilik Kekuatan?) FULL SPOILER!

by - Februari 14, 2021

Judul : Lumpu

Penulis : Tere Liye

Tahun Terbit : 2021

Jumlah Hlm : 368 hlm

ISBN : 9786020652283

Rating : 4,5/5



Blurb

Setelah selesai membaca Nebula dengan ending yang ngegantung (SPOILER!!), dimana Miss Selena tergeletak di suatu tempat dalam keadaan tidak berdaya, yang diketahui bahwa Miss Selena saat itu sedang bersama Lumpu, salah seorang penghuni klan Nebula yang memiliki kemampuan melumpuhkan kekuatan yang dimiliki oleh para petarung antarklan, aku langsung melanjutkan bacaan ke novel Nebula karena penasaran gimana ending dari petualangan Raib, Seli, dan Ali kali ini. So, cek this out!

****

Sambungan telepon dari Miss Selena terputus ketika Raib, Ali, dan Seli sedang berusaha mencerna cerita mengenai orang tua dari Raib. Kondisi Miss Selena yang saat itu juga sudah tidak memungkinkan karena beliau sedang ditahan oleh Lumpu untuk diambil kekuatannya (FYI, Lumpu ini dendam sekali dengan para pemilik kekuatan karena ulah para pemilik kekuatanlah yang membuat Lumpu harus rela kehilangan keluarga dan semua orang yang ia sayangi).

Raib, Ali, dan Seli memutuskan untuk pergi menyelamatkan Miss Selena meski awalnya Raib sangat marah ketika mengetahui fakta yang terjadi pada orang tuanya. Marah bercampur sedih karena ia mengetahui bahwa terjadi pengkhianatan antara Miss Selena dengan Tazk dan Mata selaku orang tua Raib. Namun, Seli akhirnya bisa membujuk Raib untuk menenangkan diri dan mengajaknya turut serta menyelamatkan Miss Selena.

Berangkatlah mereka bertiga dengan menaiki ILY yang sudah diperbaharui oleh Ali. FYI, aku suka sekali adegan ketika mereka bertiga menaiki ILY karena menurutku ILY ini unik. Dengan kejeniusan yang dimiliki oleh Ali, ILY ini jadi punya sifat yang sama seperti ILY anaknya ILO, seorang fashion designer dari klan bulan. Cerewet dan suka mengingatkan Ali apabila mereka sedang membolos sekolah :D

Hal pertama yang mereka rencanakan (lebih tepatnya Ali yang merencanakan) adalah menemui Tamus, sebab mereka mengira Tamus bisa mengatasi Lumpu karena Tamus pernah membalikkan aliran darah Miss Selena. Mereka pergi ke ABTT dan menemui Mr. Ox untuk mendapatkan informasi mengenai keberadaan Tamus dan berhasil menemukannya di Distrik Gunung - Gunung Terlarang.

Ternyata, Tamus tidak sendiri di tempat itu. Ia bersama dengan Fala Tara Tana IV yang tiba-tiba mengirimkan bola petir ke arah mereka. Fala Tara Tana IV adalah ketua konsil Klan Matahari yang lama, Baca di Novel MATAHARI). Tamus dan Fala Tara Tana IV menyerang Raib dkk. Siapa mengira, di tengah penyerangan mereka, Lumpu datang melalui sebuah portal. Hingga akhirnya terjadilah pertempuran antara Lumpu dan Tamus serta Fala Tara Tana IV.  Ternyata, Lumpu berhasil mengalahkan Tamus dan Fala Tara Tana IV serta mengambil kekuatan Fala Tara Tana IV. Sebelum Lumpu mengambil kekuatan Tamus, Raib dkk sudah lebih dulu menyelamatkan Tamus dari serangan Lumpu dengan harapan nantinya Tamus dapat menolong mereka untuk mengetahui cara menghentikan Lumpu.

Saat di perjalanan, Tamus memberi informasi kepada mereka tentang peninggalan Klan Aldebaran yang ternyata berupa puing-puing kapal yang terpendam di klan Bulan. Saat sampai di kapal tersebut, Raib dkk kecolongan karena Tamus berhasil merampas ILY dari mereka. Tapi, kata Ali sih ga usah khawatir karena ILY sudah dilengkapi dengan alat pelacak. Ali sendiri bilang kalau mereka sebaiknya lebih bermain di belakang layar, alias membiarkan Tamus menyelidiki sendiri dan mereka tinggal mengikuti jejaknya.

Mereka meninggalkan tempat itu dan menuju ke Distrik Padang Senyap dengan menumpang truk pembawa sayuran. Mereka pergi ke distrik itu dengan tujuan mencari jaringan agar bisa mengetahui dimana lokasi terkini Tamus (semacam google maps ya?). Mereka akhirnya menemukan dimana lokasi Tamus, yaitu berada di bekas pabrik energi klan Bulan yang sudah berdebu. Ternyata, di sana mereka menemukan semacam basement yang berisi banyak benda-benda penemuan klan Aldebaran!

Oh iya, part Distrik Padang Senyap ini merupakan part yang aku sukai karena di dalamnya Raib dkk mendapatkan akses gratis untuk semua fasilitas turis di sana! Kebayang ga sih, bisa tidur di hotel gratis, makan gratis, dan bisa nyobain fasilitas SPA secara gratis juga. Katanya, mereka dapetin fasilitas gratis itu karena mereka mecahin rekor pengunjung yang datang ke Distrik Padang Senyap. 

Mereka kembali melacak keberadaan Tamus dan menemukan Tamus di area ibukota Tishri, tepatnya di sebuah apartemen. Mereka bertemu Eins, seorang ilmuan klan Bulan dan mantan pengajar di ABTT. Ternyata, Tamus meminta bantuan kepada Eins untuk menerjemahkan sebuah  benda dari klan Aldebaran berupa tabung bercahaya. Tamus meyakini bahwa benda tersebut memiliki jawaban atau kisi-kisi tentang menghentikan kekuatan Lumpu. Karena membutuhkan waktu lama, maka Raib dkk keluar sebentar dan mengunjungi rumah Ilo (masihi inget kan dengan keluarga Ilo, Vey, Ou,dan Ily?).

Setelah mereka kembali lagi ke apartemen Eins, mereka menemukan Tamus berada di atap apartemen Eins. Sayangnya, Tamus sudah pergi kembali. Di saat bersamaan, Lumpu datang dan menyerang mereka karena mereka dianggap sekutu dari Tamus. Raib dkk tidak kuat melawan Lumpu karena Lumpu bukan tandingan mereka. Malang, ternyata Lumpu berhasil mengambil kekuatan Ali. Beruntung Eins berhasil menyelamatkan mereka dan memberikan mereka hasil terjemahan tabung bercahaya dari klan Aldebaran. 

Mereka kembali ke puing-puing reruntuhan kapal klan Aldebaran dan menemukan Tamus juga ada di sana. Tidak butuh waktu lama, Lumpu menyusul mereka. Mereka akhirnya bertarung dan sayangnya mereka berhasil dikalahkan lagi. Lumpu bahkan telah mengambil kekuatan Tamus.

Saat Lumpu akan beraksi kembali, datanglah Kosong dan Lambat dari klan Nebula melalui portal. Lambat dan Kosong berupaya menasihati Lumpu agar menghentikan perbuatannya, tapi tidak diindahkan. Sebaliknya, Lumpu justru mengambil kekuatan Lambat. 

Setelah itu, Lumpu kembali melanjutkan aksinya untuk mengambil kekuatan Seli. Ditengah keputusasaan itu, Raib akhirnya mengetahui apa arti dari terjemahan tabung bercahaya dari klan Aldebaran tersebut. Raib pun berusaha menolong Seli dan akhirnya berhasil mengalahkan Lumpu.


****

Aku baca novel Lumpu ini berasa kayak lagi study tour ke klan Bulan soalnya Raib dkk tuh mengunjungi beberapa tempat termasuk ke rumah orang tuanya Mata alias rumah kakek neneknya Raib! Ya meskipun mereka cuma orang tua angkat dari Mata, mereka selalu mengharapkan Mata kembali ke rumah itu.

Oh iya, petualangan Raib, Seli, dan Ali tidak berhenti sampai di sini. Masih ada kisah spin off yaitu Si Putih (kisah kucing putih milik Raib), Bibi Gill (salah satu guru di ABTT), Sagaras (kisah Ali dan keluarganya), ILY (kisah tentang ILY dan diketahui bahwa ILY ternyata ada kemungkinan masih hidup!), Proxima Centauri, dan terakhir Aldebaran. Kira-kira, sekitar 2-3 tahun lagi kita akan bertemu dengan klan Aldebaran yang merupakan final dari kisah Raib dkk. Apakah seperti final battle di hogwarts di kisah Harry Potter? Kita tunggu saja yaa novel selanjutnya :D


Untuk novel Lumpu, rating dariku adalah 4,5/5. 

You May Also Like

4 Comments

  1. Wah panjang sekali kisah Raib Seli dan Ali. Aku sudah tidak sanggup mengikutinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa nih kak, masih panjang bgt kayaknya :"D

      Hapus
  2. belum pernah lolos baca tere liye nih, padahal temen seneng banget sama tere liye

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang sesuai selera juga sih kak, ada beberapa temenku yg juga ga cocok dengan bukunya tere liye~

      Hapus