Pengertian, Kelebihan, dan Strategi Digital Marketing

by - November 20, 2021

Apa Yang Dimaksud dengan Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan promosi suatu brand, produk, maupun jasa dengan menggunakan media digital dan internet. Kegiatan digital marketing sudah ada sejak tahun 1990 saat world wide web (www) diluncurkan. Disusul dengan munculnya Yahoo, search engine, dan media sosial seperti Bing, Facebook, Twitter, dan Google. Kehadian smartphone seperti Blackberry dan iPhone menambah peluang seseorang untuk melakukan promosi menggunakan media digital.

Kelebihan dan Manfaat Digital Marketing

Apa kelebihan dan manfat dari digital marketing untuk sebuah bisnis? Kelebihan utama dan manfaat digital marketing bagi sebuah bisnis adalah untuk meningkatkan jangkauan pasar. Jika dengan cara konvesional hanya bisa menjangkau pasar sesuai dengan lokasi bisnis kita dan terbatas sesuai jam buka toko, maka dengan menggunakan digital marketing, kita bisa menjangkau pasar ke seluruh Indonesia selama 24 jam tanpa henti. Lalu, apa saja kelebihan dan manfaat digital marketing lainnya?

1. Mudah ditemukan oleh pelanggan anda. Dengan menggunakan strategi digital marketing yang tepat, anda tidak perlu susah payah lagi mencari pelanggan ataupun konsumen karena pelanggan yang nanti akan menemukan anda.

2. Lebih fleksibel dan cocok digunakan untuk semua jenis bisnis. Mulai dari bisnis fashion, aksesoris,  Food and Beverages, hingga jasa, semuanya cocok menggunakan strategi digital marketing. 

3. Menghemat biaya promosi. Jika dengan cara konvesional kita harus mengeluarkan budget ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah demi memasang sebuah iklan, kini dengan menggunakan digital marketing, kita bisa memasang iklan sesuai dengan kemampuan budget yang kita miliki. 

4. Meningkatkan Profit Usaha

Pengguna internet dan media sosial meningkat 9,9% selama 12 bulan terakhir seiring dengan pandemi corona yang saat ini sedang berlangsung. Pertumbuhan pengguna sosial media juga meningkat dengan jumlah jangkauan 7,89 miliar atau setara dengan 59,6% populasi di dunia. Itu artinya, sangat memungkinkan bagi sebuah anda sebagai pemilik suatu bisnis untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat dengan menggunakan bantuan strategi digital marketing. Jika bisnis anda tumbuh dan mengalami perkembangan, itu artinya profit usaha anda juga meningkat. Namun, tentu saja peningkatan profit usaha ini memerlukan proses dan strategi yang tepat.


Strategi Digital Marketing

Kalau tadi anda sudah mengetahui apa saja kelebihan dan manfaat dari digital marketing, di sini anda akan mengetahui apa saja strategi digital marketing yang bisa anda terapkan pada bisnis anda. Apa saja strategi digital marketing?

1. Search Engine Optimization (SEO). Strategi SEO dapat digunakan untuk bisnis anda agar lebih mudah ditemukan. Pelanggan dan calon customer yang mencari sebuah produk atau servis, akan menemukan produk anda dan bukan kompetitor anda.

2. Social Media Management. Sosial media adalah tempat untuk melakukan komunikasi antara pelanggan dan calon customer kepada bisnis yang sedang anda jalankan. Ada beberapa strategi social media management yang dapat digunakan untuk mengembangkan sosial media bisnis anda, diantaranya; content marketing yang menarik dan copywriting yang tepat.

3. Web Design & Development. Website dapat menyebabkan bisnis anda terlihat lebih profesional dan terpecaya. Website biasanya memuat informasi mengenai bisnis anda sehingga calon konsumen dapat mengetahui jenis bisnis anda. Anda juga dapat menambahkan fitur checkout/belanja di dalam website anda agar lebih terintegrasi.

4. Email Marketing. Email marketing akan membantu anda untuk mengirimkan pesan secara spesifik kepada calon konsumen. Email marketing memiliki kelebihan diantaranya dapat membangun hubungan dengan konsumen dengan menambahkan sisi personal touch.

5. Video Marketing. Video marketing adalah startegi yang paling banyak digunakan di dalam digitial marketing. Jika anda memiliki strategi yang tepat, anda dapat menjangkau konsumen lebih luas dan membuat mereka setia mengikuti konten yang anda buat.

Anda tentu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempelajari, mengelola, serta mengatur strategi tersebut. Oleh karena itu, Marco Digital Partner hadir sebagai Digital Marketing Agency yang akan membantu bisnis anda tumbuh dan berkembang di media digital. 

Dengan menggunakan bantuan Digital Marketing Agency, anda akan lebih bisa menghemat budget perusahaan karena anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget karyawan untuk mengelola digital marketing anda. Tidak hanya mengelola serta mengatur strategi digital marketing bisnis anda, anda juga dapat melakukan sesi konsultasi bisnis untuk menaikkan level bisnis anda kepada kami. Untuk melakukan sesi konsultasi bisnis dan pertanyaan lainnya mengenai digital marketing, anda dapat menghubungi kami dengan mengeklik link ini.

You May Also Like

0 Comments